Selasa, 24 Januari 2012

Masa Remaja


Remaja adalah waktu seseorang berumur belasan tahun. Pada masa usia remaja seseorang tidak bisa disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun.
Semua orang pasti pernah mengalami masa remaja. Dan itu dilalui dengan tahapan yang berbeda tergantung dari seseorang tersebut dalam mengimbangi. Masa remaja adalah masa
biasanya anak remaja cendrung ingin mencoba segala sesuatu yang tidak diketahuinya. mereka selalu ingin tahu. Tetapi sebagian besar dari mereka tidak bisa membedakan yang baik dan yang buruk.

Diantara perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja yang dapat mempengaruhi hubungan orang tua dengan remaja adalah : pubertas, penalaran logis yang berkembang, pemikiran idealis yang meningkat, harapan yang tidak tercapai, perubahan di sekolah, teman sebaya, persahabatan, pacaran, dan pergaulan menuju kebebasan.
Penelitian menunjukkan bahwa saat orang tua berkomunikasi dan membimbing anak remajanya secara tegas tetapi tidak terlalu ikut campur, tetap akrab tetapi membiarkan mereka mandiri, anak-anak mereka pada umumnya lebih sukses dalam hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Artikel Remaja and Powered by Blogger.